Lomba Foto Hari jadi ke-533 Gresik dan HUT ke-74 PWI


            Pemerintah Kabupaten Gresik dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama Kepolisian Resor Gresik (Polres) menyelenggarakan lomba foto bertema “Polisi bermanfaat dalam bidikan kamera”. Lomba foto serupa, juga pernah diadakan dengan tema “Polisi di mata masyarakat.” Penekanan kata “bermanfaat” membedakan dengan tema “Polisi di mata masyarakat”. Rupanya, meniadakan kata “bermanfaat” bisa berkembang pada aktivitas baik dan buruk polisi dalam presepsi masyarakat. Sebab itu, “Polisi bermanfaat dalam bidikan kamera” memberi penjelasan makna positif. 


            Ada pertanyaan? Bagaimana memotret polisi bermanfaat. Arti denotatifnya, memotret polisi yang membantu masyarakat. Di sini lah, butuh arahan dari Kapolres Gresik untuk menggerakkan polisi turun ke jalan membantu masyarakat. Bila tidak dilakukan ini, maka kesempatan untuk mendapatkan foto terbaik tidak ada. Lantaran momen ini tergantung dengan giat aparat kepolisian sendiri. 
            Bila tidak ada kegiatan, bisa jadi fotonya hanya berupa polisi berada dikantor melayani masyarakat, polisi mengatur lalu lintas, mengelar barang bukti maupun acara rutin kepolisian. Maka, foto yang dihasilkan terlalu biasa. Oleh sebab itu, butuh gerakan polisi, semisal membantu masyarakat dengan membersihkan rumah anak yatim, orang miskin, membagikan bantuan kepada orang terlantar. Membantu orang difabel, orang cacat. Sehingga foto-foto nya lebih humanis. 
            Lomba seperti ini gampang-gampang susah kalau sekedar memotret kegiatan polisi. Mendapatkan momen polisi membantu, tentu menunggu kesempatan. Kecuali, bila ada kejadian besar. Maka, pecinta foto bisa mendapatkan momen polisi membantu korban lebih banyak. Namun, kejadian itu tidak selalu ada. 
            Ini contoh foto sederhana. Polisi bantu menyebrangkan penderita difabel di jalan Embong Malang Surabaya. Ketika jalanan macet. Seorang lumpu kaki, berjalan maju mudur saat akan menyebrang, lantaran arus lalulintasnya padat. Melihat kejadian itu, polisi bernama J.S.A. Mahalis langsung berusaha menyebrangkannya.

Post a Comment

0 Comments