Surabaya Cantik

Selama satu dekade terakhir ini, perkembangan Surabaya telah begitu pesat. Kota ini mengalami pergantian wajah yang cukup spektakuler ketimbang kota-kota lain di seluruh penjuru Indonesia. Dan perubahan Surabaya itu positif. Kota ini berkembang menjadi lebih ramah, lebih cantik, lebih cinta lingkungan, dan lebih elok.
Perubahan wajah Surabaya itu meliputi berbagai bidang kehidupan. Tata kota menjadi lebih baik. Ruang-ruang publik bertambah, ruang hijau kian melebar. Sarana dan prasarana untuk warga juga meningkat.
Kini, warga Surabaya punya berbagai pilihan rekreasi khas masyarakat urban yang murah tapi mengena. Taman-taman kota (yang bersifat aktif) bisa mereka sambangi untuk sekadar melewatkan hari bersama keluarga untuk melakukan aktivitas wisata urban yang meriah. Taman-taman pasif pun mengubah sudut-sudut kota menjadi lebih indah. Terutama di kawasan tengah kota, nyaris tak ada sudut kumuh yang tersisa di Surabaya. Sungai-sungai sudah menjelma menjadi landmarkyang meneguhkan Surabaya sebagai kota yang cinta lingkungan.
Pembangunan infrastruktur pun meneguhkan Surabaya sebagai kota yang cukup berkembang sisi ekonomi dan perdagangannya. Gedung-gedung pencakar langit bertumbuhan menjulang di beberapa sisi kota. Yang patut diapresiasi, pembangunan itu tidak lantas menabrak pakem kecintaan terhadap lingkungan. Yang jelas, pembangunan gedung-gedung itu juga tidak lantas merusak cakrawala Surabaya sebagai kota yang elok. Tumbuhnya sisi perekonomian itu bisa bersanding apik dengan geliat Surabaya untuk tumbuh menjadi kota yang cantik.
Pemerintah Kota yang sedang mengemban amanah warga untuk menjadi pemangku praja di Kota Surabaya memang punya kewajiban untuk membuat kota kita ini semakin indah, semakin nyaman, semakin maju, semakin cantik. Tapi sejatinya, yang mereka lakukan selama ini bukan semata-mata berlandasan kewajiban, tidak pula keterpaksaan. Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah kota, taman-taman yang mereka kembangkan, memang benar-benar buah kecintaan pemerintah kota terhadap warga. Itu adalah wujud kecintaan Wali Kota dan jajarannya terhadap  Kota Pahlawan ini.
Pemerintah Kota yakin, saat segalanya dilakukan dengan cinta, hasilnya pasti baik dan lestari. Mereka berharap, keindahan yang telah tercipta di Surabaya akan terus lestari. Tidak hanya dari segi wujud fisiknya, tapi juga bakal lestari di batin seluruh warga.
Pertumbuhan Surabaya yang lebih elok dan cantik itu bukannya tak pernah diabadikan. Sejumlah media massa terus menerus menyuarakan betapa Kota Pahlawan ini terus mempercantik diri menjadi kota yang lebih ramah untuk ditinggali. Penghargaan demi penghargaan pun terus diterima Surabaya. Itu menunjukkan apresiasi dari berbagai pihak tentang kemajuan pembangunan Surabaya. Mereka mengapresiasi Surabaya yang kian lama kian cantik.
Semangat perubahan kota menjadi lebih cantik sudah diabadikan dalam bentuk buku Surabaya Cantikyang terbit pada 2010, diterbitkan lagi tahun 2013 dan 2015. Sambutan terhadap buku itu cukup hangat. Tapi, berbarengan dengan Surabaya yang terus membangun, muncul ide agar buku serupa kembali diterbitkan. Tentunya dengan beberapa perubahan, menyesuaikan dengan geliat pembangunan Surabaya yang juga masih belum mandek.


Buku Surabaya Cantikkali ini tidak hanya memasukkan tetenger-tetenger anyar di Surabaya. Buku ini juga dibuat secara bilingual—memakai bahasa Indonesia dan Inggris—untuk lebih meluaskan pasar pembacanya. Kehadiran buku ini juga diharapkan bisa menjadi suvenir yang sangat bermakna untuk tamu-tamu asing yang sedang mengunjungi Surabaya. 

Post a Comment

0 Comments