VOKASI EXPO National Photography Competition Dr. Yuyung Abdi


Lomba foto yang diselanggarakan Vokasi, Universitas Brawaijaya memang tergolong besar hadianya. Juara 1 saja mendapatkan 8 juta. Lomba ini pun khusus untuk mahasiswa. Ini kesempatan besar untuk jadi juara. Namun, kadangkala mahasiswa yang menyukai fotografi prosentasenya sedikit. Walaupun mereka diberi ada matakuliah fotografi yang sekarang diwajibkan. Untuk benar-benar ahli, masih bisa dihitung dengan jari. Apalagi temanya lebih spesifik. Mereka agak ogah-ogahan. Kesibukan ujian menghalangi para mahasiwa untuk eksplorasi lebih dalam. 

Ketentuan Umum
Peserta adalah mahasiswa/i aktif jenjang Diploma/Strata Perguruan Tinggi Negeri/Swasta se-Indonesia. Peserta wajib menyertakan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Peserta adalah perseorangan. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran. Panitia berhak MENDISKUALIFIKASI peserta yang dianggap tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Hasil karya peserta yang dilombakan merupakan hasil karya orisinil yang belum pernah dipublikasikan di media manapun dan belum pernah diikut sertakan dalam lomba.

Ketentuan Khusus
Peserta wajib menyerahkan dua buah foto dengan tema sebagai berikut
Tema         : Human Interest
Subtema    : Street, Minimalism dan Tourism

Keterangan :
Model/subjek yang menjadi objek foto merupakan tanggung jawab peserta sepenuhnya.
Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto yang menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless. Tidak diperbolehkan menggunakan handphone.
Foto yang di lombakan harus foto yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1 bulan terakhir (masih baru).
Peserta wajib menghasilkan karya yang sesuai dengan tema.
Olah digital diperbolehkan sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, dan saturation) tanpa mengubah keaslian objek.
Teknis pengiriman berupa softcopy yaitu file gambar yang dikirim ke e-mail : lombanasionalcreanomic.v@gmail.com dengan subjek ‘Lomba Fotografi Creanomic 2019’

File diberi nama : Judul_NamaLengkap_AsalUniversitas serta melampirkan file berformat .txt atau .docx yang diberi nama sesuai judul karya dan didalam file tersebut berisi deskripsi dari foto yang dikirimkan.

Karya foto yang dikirim ke e-mail Creanomic 2019 dalam format .jpg dengan maksimal size sebesar 20 MB untuk dua buah foto.

Tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto atau menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto. Maksudnya olah digital.
Karya yang dibuat tidak mengandung SARA dan pornografi.
Karya yang diikutsertakan menjadi hak milik peserta, namun panitia dapat menggunakannya untuk kebutuhan publikasi dan lainnya.
Keputusan dewan juri bisa dipertanggungjawabkan
Ketentuan yang belum diatur dapat dibuat dikemudian hari berdasarkan keputusan panitia.

Juri:
Dr. Yuyung Abdi, S.Si., M.MedKom
Perwakilan Dosen Vokasi

Kriteria Penilaian
Kesesuaian tema
Estetika
Teknis fotografi (Pencahayaan, Komposisi, dimensi visual)
Substantif

Penghargaan
Juara 1 : Rp8,000,000 + Piala dan sertifikat penghargaan
Juara 2 : Rp6,000,000 + Piala dan sertifikat penghargaan
Juara 3 : Rp4,000,000 + Piala dan sertifikat penghargaan

Pendaftaran, Waktu, Dan Tempat Pelaksanaan
Tanggal pendaftaran : 15-27 Oktober 2019
Tanggal pelaksanaan : 15-27 Oktober 2019
Tanggal pengumuman : 31 Oktober 2019 

Contact Person
Mentari : 0852-3553-2888
Dila : 0857-7581-5559

Jadwal Penting
Pendaftaran : 15-27 oktober 2019
Pengumpulan berkas akustik : 29 oktober 2019
Pengumpulan berkas videography dan speech contest : 31 oktober 2019
Technical meeting : 1 november 2019
Pelaksanaan lomba : 5 november 2019
pengumuman pemenang : 6 november 2019

Crisis Centre Creanomic 2019
18 – 25 Oktober 2019 12.00 – 17.00
Kantor Pusat / Gedung Birokrat Program Pendidikan Vokasi, Universitas Brawaijaya

Vokasi Unjuk Potensi Melalui Creanomic 2019
KANAL24 -2019-11-05, 14:00:00 WIB

VOKASI EXPO 
Creative Economy Innovation Centre (Creanomic) merupakan event tahunan. Untuk tahun 2019 ini mengambil tema “Lead to be Millenial”. Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dalam menyelenggarakan acara ini sebagai sarana untuk jadi entrepreneur maupun menekuni bidang usaha terkini. Creanomic sebagai sarana mahasiswa untuk jadi pengusaha, tapi juga meliputi branding dan packaging.









Laporan Meg, KANAL24 menjelaskan Vokasi Expo diikuti  62 stan yang terdiri dari 51 stan hasil usaha mahasiswa vokasi, 5 stan sponsor dan 6 calling all tenant. Selain Vokasi expo, juga ada lomba pelajar sekolah menengah maupun lomba fotografi mahasiswa. Selain expo juga digelar talkshow yang menghadirkan 4 pakar dibidang entrepreneurship. Untuk lomba tingkat SMA/SMK adalah speech contest dan lomba akustik, sedangkan untuk mahasiswa adalah lomba fotografi dengan tema human interest. Hasil foto dari 10 besar peserta dipajang di expo ini dan untuk pengumuman pemenang dilakukan pada esok hari, 6 November 2019

Mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara ini adalah mahasiswa setiap bidang minat maupun prodi di vokasi UB dan ada juga mahasiswa wirausaha yang ditangani langsung oleh dosen. Vokasi expo ini jadi ajang bisnis plan yang diterapkan secara langsung, seperti jualan produk berupa makanan dan bahkan barang inovasi yang bisa diperjual belikan atau transaksi bisnis seperti furniture. 

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR., MS memberi wejangan bahwa mahasiswa sebagai generasi milenial bisa memanfaatkan waktu luang untuk menjadi wirausaha. Sangat disayangkan kalau doing nothing dan hanya kuliah saja. Kuliah memang utama tetapi disini harus ada spare time yang harus dimanfaatkan untuk menjadi seorang wirausaha. Step kecil bakal bermanfaat jika melakukannya dengan konsisten. Pendidikan vokasi mulai tahun ini hingga kedepan menjadi prioritas utama Pemerintah Indonesia. Sehingga, penerimaan mahasiswa baru untuk vokasi UB tahun ini ditambah 3 kali lipat menjadi 1.600 mahasiswa.

Vokasi menjadi salah satu pilar kebanggaan UB kedepan, tentu jadi kebanggaan melihat kreatifitas dan inovasi dari mahasiswa. Ia berharap Kalau mahasaiswa UB ada 68 ribu, disedehanakan menjadi 60 ribu berarti 2 persennya atau sekitar 1.200 mahasiswa harus jadi entrepreneur. UB kedepan harus  dicirikan oleh entrepreneur-entrepreneur muda tingkat daerah, provinsi, nasional bahkan internasional dari UB termasuk juga dari vokasi. Minimal 2% populasi penduduk harus menjadi entrepreneur.

Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya penyelenggara Lomba foto Creanomic National Photography Competition akan mengumumkan pemenang pada tanggal 31 oktober 2019. Lomba foto ini dikhususkan bagi mahasiswa seluruh Indonesia. dengan teman human interest, street photo, minimalism, tourism. Juara 1 mendapatkan hadiah 8 juta, juara 2 mendapatkan 6 juta dan juara 3 mendapatkan 4 juta rupiah. Ini merupakan foto terpilih
Dr. Yuyung Abdi

Post a Comment

0 Comments