Resensi: Photography From My Eyes Karya Yuyung Abdi Bambang Dwi Atmoko


Buku ini mencakup semua hal yang perlu diketahui untuk menjadi fotografer serba bisa.


Meski belum setenar Arbain Rambey, Kristupa Saragih, Darwis Triadi, maupun Jerry Aurum, tetapi sosok yang satu ini juga sudah lama diakui sepak terjangnya di lingkup para fotografer. Yuyung Abdi adalah fotografer senior yang saat ini bekerja sebagai redaktur foto di harian Jawa Pos. Dia memulai profesi sebagai fotografer profesional sejak bergabung di salah satu harian terbesar nasional ini pada tahun 1995. Jauh sebelum itu, Yuyung telah menekuni dunia fotografi memakai kamera DSLR dalam usia yang masih belia, 14 tahun. Segudang prestasi telah diraihnya dengan memenangi berbagai lomba foto, menggelar pameran hingga menjadi pengisi seminar dan workshop.

Buah pikirannya mengenai fotografi dituangkan tak hanya melalui media foto, tetapi juga dalam bentuk karya tulis. Saat ini sudah ada empat buku yang ditulisnya, yaitu: “Fotografi Jurnalistik Lensa Manusia”, “Fotografi Jurnalistik Sex For Sale, Protet Faktual Prostitusi 27 Kota di Indonesia”, “Surabaya Cantik”, “Photography From My Eyes”. Buku yang terakhir ini diterbitkan pada tahun ini oleh Elex Media Komputindo.


Buku “Photography From My Eyes” berusaha menjelaskan fotografi dengan detail dan deskriptif. Pembahasannya bisa dibilang sangat lengkap. Begitu lengkapnya pembahasan di buku ini, yang tak melulu soal teknis tetapi juga memberikan aspek non teknis. Karena Yuyung berusaha menekankan, bahwa fotografi ketika sudah terkait dengan rasa dan pikiran, tidak lagi hanya sebagai proses mekanis kamera yang menghasilkan gambar. Di balik itu ada sentuhan art of seeing yang berkolerasi dengan kemampuan teknis seperti pemahaman angle, komposisi, jarak, lensa, hingga perspektif.

Sebagai eksplorasi kolaborasi visual, fotografi juga membutuhkan pemahaman warna, bentuk geometris, dimensi visual, dan pencahayaan. Segenap aspek-aspek tersebut bila dipahami dengan matang, akan mendefensiasi kemampuan visual dari yang sifatnya generalis menadji spesialis.

Buku ini merangkum hampir semua aspek tersebut. Dengan fokus untuk membentu kemampuan visual yang baik supaya bisa memberi makna yang lebih kuat. Sekitar 20 genre fotografi disajikan, dipaparkan secara lengkap sesuai dengan perubahan teknologi dan zaman. Termasuk diantaranya adalah street photography, underwater photography, aerial photography, landscape photography, foto wedding /prewedding, fashion photography, model photography, etnofotografi, macro photography, architectural photography, dan sebagainya.

Pembahasan di buku setebal 216 halaman ini secara tidak langsung memperlihatkan begitu kuatnya skill dan pengalaman fotografi yang dimiliki oleh Yuyung. Tak melulu soal teknis, dia juga membuat analisis dengan kuat, sehingga berguna bagi pembaca untuk membentuk kemampuan visual lebih baik memberi persepsi dengan makna yang lebih kuat.

Jika ingin memperkaya wawasan fotografi, buku ini memang cocok. Gaya bahasa yang dibawakannya cukup serius, sehingga mungkin Anda akan berulang kali mengernyitkan alis mata. Untungnya foto-foto yang menakjubkan dari Yuyung bisa menjadi penyeimbang materi yang tergolong berat ini.

Sedikit kritik yang mungkin saya ajukan mengenai buku ini adalah pengurutan materi yang menurut saya kurang pas. Bagian awal langsung membahas mengenai “Genre Fotografi” dilanjutkan dengan “Menilai Foto Menarik”. Justru setelah itu dibahas tentang “Memilih Kamera”. Kalau menurut saya, Memilih Kamera dan bab-bab soal teknis yang ringan dan bisa langsung dipraktiikan lebih enak dibahas di bab paling awal. Selanjutnya baru dibahas mengenai aspek non teknis. Termasuk diantaranya pembahasan tentang Genre Fotografi dan Penilaian foto menarik. Ini agar orang awam yang baru mempelajari fotografi lebih enak membaca dan memahami sesuai tingkat kemampuannya. Apalagi memang buku ini banyak istilah-istilah asing atau terlalu teknis yang mungkin sedikit membingungkan jika pembaca benar-benar awam.

Terlepas dari itu, buku ini sangat menarik untuk dibaca. Karena bisa memberikan pemahaman yang kuat mengenai fotografi. Tentu saja, karena model penyusunan seperti ini, buku “Photography From My Eyes” lebih cocok bagi yang fotografer yang ingin meningkatkan skill dan wawasannya atau dengan kata lain yang sudah familiar dengan fotografi.

Keterangan:
Penulis : Yuyung Abdi
Tebal : 216 Halaman
Penerbit : Elex Media Komputindo (Januari 2012)
Bahasa : Indonesia
Harga : Rp 114.800 (sold out)

Post a Comment

0 Comments